Selasa, 12 Oktober 2010

bisnis online

Bagaimana Hujan Bisa Membuat Blog Kita Kebanjiran Pengunjung
Friday, May 14th, 2010 at 03:15

hujan mendatangkan pengunjung blogMenurut anda… mempromosikan blog dan website adalah pekerjaan yang susah ataukah mudah?

Dalam dunia blog atau lebih sering dikenal dengan blogging, pengunjung blog yang ramai pasti menjadi salah satu target dari setiap pemilik blog. Apalagi jika blog mereka tersebut diorientasikan untuk tujuan bisnis, misalkan untuk keperluan promosi bisnis mereka atau bahkan menjadikan blog sebagai alat penghasil uang langsung di internet. Dan promosi blog adalah hal yang mutlak dilakukan untuk meningkat jumlah pengunjung blog kita. Promosi adalah salah satu kegiatan yang harus dilakukan tidak cukup sekali dan harus secara intens jika ingin blog atau website kita terkenal.

Nah, disini saya ingin memperingatkan anda jangan pernah berpikir bahwa mempromosikan blog itu susah, namun jangan juga befikir bahwa mempromosikan blog atau website itu mudah. :)

Lha terus bagaimana… sebenarnya susah atau mudah ?.

Jawaban saya adalah… jangan dipikirkan! Kenapa kita harus berfikir bahwa suatu hal itu susah atau mudah… apa untungnya coba kalau kita selalu memikirkan itu? Karena sebenarnya dua hal itu (susah dan mudah) akan selalu ada dan kita rasakan dalam setiap proses apapun yang kita lakukan, termasuk dalam proses promosi blog atau promosi bisnis.

Kenapa nggak kita nikmati aja kegiatan ngeblog kita, saya rasa itu lebih menguntungkan karena kita bisa lebih enjoy dan bisa terus intens ngeblog karena bisa merasakan NIKMATNYA blogging (Kesusahan + Kemudahan = KENIKMATAN).

Dalam promosi blog atau web, sebenarnya caranya gampang-gampang susah. Seperti yang saya sampaikan tadi, gampang (mudah) dan susah itu adalah dua hal yang akan selalu ada dalam setiap proses, namun pasti ada salah satu yang lebih dominan kita rasakan. Nah, gampang-gampang susah maksutnya adalah… Gampangnya 2x susahnya 1x, jadi perbandingannya menurut saya lebih banyak gampangnya daripada susahnya. Ini menurut saya lho… :)

Lantas apa kaitannya hal tersebut diatas dengan Judul postingan ini… terutama terkait Hujan ?

Sebenarnya saya ingin menyampaikan cara promosi website atau blog yang gampang dan menyenangkan bila melakukannya dengan sepenuh hati. Sehingga kita pun akhirnya bisa merasakan nikmatnya blogging, dan statistik blog kita pun tentunya akan sangat memuaskan. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan, dan masing-masing cara ini saya ibaratkan seperti hujan. Dan seperti yang anda tahu, hujan bisa menyebabkan banjir bukan. Termasuk dalam dunia blogging, cara atau teknik “hujan” yang saya sampaikan disini juga bisa menyebabkan banjir di blog atau web kita, yakni banjir pengunjung.

Anda tentu tahu juga bahwa sebelum terjadi banjir bandang pasti ada tahapan-tahapannya. Mulai dari turunnya hujan yang rintik-rintik, sampai dengan hujan sangat deras dan akhirnya membuat banjir bandang. Dan untuk konteks blogging, kita perlu menjaga agar hujan selalu terjadi, sehingga banjir pengunjung juga akan selalu terjadi di blog atau website kita.

Nah, Bagaimana caranya atau seperti apa teknik “hujan” yang saya maksut ini ?

Teknik hujan rintik-rintik.

Maksut teknik ini adalah bagaimana mempromosikan blog kita kepada orang lain dengan jalan memberikan trackback, blogwalking, komentar ataupun tukeran link. Kenapa cara ini saya sebut sebagai teknik promosi blog/web hujan rintik-rintik?. Soalnya kebanyakan cara seperti ini adalah pengunjung anda hanya akan datang ke blog anda setelah anda melakukan blogwalking dan komentar, memberikan trackback, maupun tukeran link dengan blog pengunjung anda. Jika memang anda beruntung mungkin anda bakalan ditrackbak balik. Jika banyak blog yang anda kunjungi dan banyak tukar link yang anda lakukan, maka akan banya kunjungan balik ke blog anda. Jika sebaliknya, maka kunjungan yang hadir ke blog kita akan seperti hujan yang rintik-rintik. :)

Teknik Hujan Deras

Yang suka metode promosi dengan menargetkan berbagai keyword tertentu yang ramai, dengan konten asal-asalan tapi yang pasti bisa masuk top 10 besar google mungkin bisa dikategorikan dalam teknik ini. Karena Blog anda hidup dari aliran trafik melalui Search Engine.

Teknik promo “hujan deras” biasanya sering disalahgunakan dan akhirnya mengandung unsur negatif. Mulai dari cara menyebar spam ke forum-forum, spam saat chat, spam comment, membuat sebuah bisnis scam sampai-sampai blog anda jadi omongan orang-orang karena “sisi negatif” anda. Nah meskipun mengandung hal negatif tapi yang penting mampu menghasilkan trafik yang cukup deras, misalkan anda jadi terkenal karena hal negatif yang pernah anda perbuat yang akhirnya dibicarakan dari mulut ke mulut oleh orang lain.

Teknik Banjir Bandang

Teknik ini merupakan gabungan dari dua teknik sebelumnya yang digabungkan menjadi satu, Cuma mungkin ada sedikit perbedaan dan mungkin agak perlu usaha lebih diawal pengerjaannya. Jadi dalam teknik banjir bandang ini adalah trafict yang dihasilkan dari hasil Blogwalking, trackback, keyword targeting, update konten berkualitas, aktif di forum, social bookmark, pasang iklan baris gratis, dan posting di sosial media.

Nah itu bedanya teknik banjir bandang dengan dua teknik promosi yang lain.

Agar blog anda dipromosikan oleh orang lain juga, maka berikan konten yang berkualitas dan targetkan keyword yang banyak dicari. Intinya adalah memadukan antara konten yang bagus dan SEO yang tepat. Dua elemen itu memang tidak boleh dipisahkan. Kalau anda hanya pintar SEO namun konten blog anda “ecek-ecek”, maka sudah pasti pengunjung kecewa.

Nah jika anda bisa memadukan SEO dan konten atau isi yang berkualitas maka saya jamin pengunjung tidak akan ada hentinya datang ke blog anda. Karena selain konten blog anda memang menarik, juga karena adanya rekomendasi dari pengunjung-pengunjung blog anda terhadap orang lain… entah dari trackback di artikelnya, dari reviewnya, atau link anda yang terpasang di blog mereka.

Nah, siapkah anda mencoba ketiga teknik blogging diatas. Mau mencoba yang rintik-rintik, hujan deras, ataupun yang banjir bandang itu sih terserah anda. Yang penting blog anda tetap basah dan subur. :)

Terakhir… jika anda ingin mendapat aliran “hujan” pengunjung dari blog ini, maka silahkan berikan komentar dibawah. Sehingga pengunjung blog ini dan khususnya saya bisa berkunjung juga ke blog anda. :)

Pasti Bermanfaat… Keep ACTION

maghfur amin di facebook

Tidak ada komentar:

Posting Komentar